MRT Jakarta Uji Coba Fitur Pembayaran QRIS Tap
PT MRT Jakarta (Perseroda) melakukan uji coba terbatas penggunaan metode pembayaran QRIS Tanpa Pindai berbasis Near Field Communication (NFC). Dengan metode ini, pelanggan MRT Jakarta dapat melakukan proses tap-in dan tap-out di passenger gate stasiun MRT Jakarta menggunakan telepon pintar yang telah dilengkapi fitur QRIS Tap tanpa perlu melakukan pembayaran QRIS secara memindai.
Uji coba dilaksanakan pada Jumat (13-3-2025) di Stasiun Bundaran HI Bank DKI dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung, Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia Santoso Liem, dan jajaran direksi PT MRT Jakarta (Perseroda).
“MRT Jakarta mendukung penuh upaya pemerintah, khususnya Bank Indonesia dan ASPI, dalam mendorong digitalisasi metode pembayaran di sektor transportasi publik. Sejauh ini, MRT Jakarta telah menyediakan beragam pilihan pembayaran nontunai seperti kartu uang elektronik, dompet digital (e-wallet), memindai QRIS, kartu debit, kartu kredit, buy now pay later (BNPL), aplikasi MyMRTJ hingga paket tiket berlangganan,” jelas Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat. “Kami juga menyediakan mesin penjual tiket digital berbasis aplikasi di seluruh stasiun. Hadirnya fitur QRIS TAP ini, menambah pilihan pelanggan dalam melakukan pembayaran tiket perjalanan,” tuturnya.
QRIS TAP berbasis NFC ini akan meningkatkan kecepatan dan kenyamanan transaksi nirsentuh bagi masyarakat. Implementasinya akan memperluas ekosistem pembayaran digital yang inklusif, aman, dan murah bagi layanan publik, serta mendukung program Asta Cita Pemerintah. Implementasi QRIS TAP merupakan hasil dari kerja sama yang sangat kuat antara BI, Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Kementerian Perhubungan, Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), hingga Pemerintah DKI Jakarta.
Uji coba ini merupakan salah satu kolaborasi antara digitalisasi pembayaran dan sektor transportasi guna meningkatkan kemudahan akses transportasi publik serta mendukung inklusi keuangan dan mempercepat transformasi digital di sektor transportasi dan pembayaran. Hadirnya MRT Jakarta telah membawa pengaruh positif di tengah masyarakat karena ketepatan waktu dan kecepatan perjalanan yang lebih nyaman.
Selama masa uji coba terbatas ini, lanjut Tuhiyat, fitur QRIS TAP baru bisa digunakan di Stasiun Bundaran HI Bank DKI dan Lebak Bulus. “Secara bertahap kita akan perluas hingga mencakup seluruh stasiun berdasarkan hasil evaluasi dan monitoring penerapannya. Saat ini, fitur QRIS TAP baru bisa diakses oleh pelanggan pengguna ponsel dengan sistem operasi berbasis android. Bank Indonesia tengah mengupayakan pengguna dengan sistem operasi iOS untuk dapat segera menggunakan QRIS TAP,” pungkasnya. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan QRIS TAP di MRT Jakarta dapat dilihat di seluruh kanal komunikasi resmi PT MRT Jakarta (Perseroda).