Peringati Hari Disabilitas Internasional, MRT Jakarta Luncurkan Layanan Cerdas Ramah Disabilitas DINA
Sebagai bagian dari peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada setiap 3 Desember, PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan fasilitas Digital Intelligent Assistant (DINA) atau Layanan Cerdas Ramah Disabilitas yang ditempatkan di stasiun. Peluncuran DINA dilakukan di Stasiun MRT Bundaran HI pada Jumat (3-12-2021) dan dihadiri langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Plt. Kepala Badan Pembinaan BUMD DKI Jakarta Riyadi.
DINA merupakan fasilitas komunikasi di stasiun MRT Jakarta yang dapat digunakan oleh seluruh penumpang guna mengurangi kontak fisik serta dapat membantu penumpang dalam kondisi darurat apabila membutuhkan bantuan petugas, selain itu alat ini juga dilengkapi dengan fitur ramah disabilitas. DINA dapat mengakomodir komunikasi dua arah yang dapat menghubungkan antara pengguna dengan petugas di Stasiun MRT Jakarta dalam bentuk audio maupun visual serta dilengkapi dengan fitur pesan tertulis. Dengan alat ini, teman tuli dapat menggunakan fitur teks yang tersedia maupun fitur teks bebas untuk menanyakan informasi khusus dan untuk teman tuna netra dapat berbicara langsung dengan menekan tombol call braille untuk berkomunikasi dengan petugas di stasiun. Secara desain dimensi, DINA dapat menyesuaikan dengan posisi pengguna kursi roda. DINA dapat memberikan beragam informasi terkait jadwal keberangkatan, petunjuk arah & lokasi, laporan atau keluhan, serta bantuan kehadiran petugas.
“Adanya inisatif DINA menunjukkan komitmen operator transportasi publik di Jakarta dalam menciptakan kenyamanan bagi penumpang, khususnya untuk penumpang berkebutuhan khusus,” ungkap Gubernur Anies. “Ini selalu menjadi prioritas kami, apabila empat unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan ini terfasilitasi, maka insyaallah elemen rakyat yang lain juga pasti terfasilitasi,” tambahnya. “Kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda dan prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, kami apresiasi MRT Jakarta yang sudah memfasilitasi. Semoga fasilitas telepon teks DINA dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya, meningkatkan inklusivitas di ruang publik di Jakarta sehingga Jakarta menjadi kota yang menyejahterakan warganya,” terang Anies.
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menjelaskan bahwa DINA merupakan inisiatif karyawan MRT Jakarta dari beberapa unit kerja. “DINA atau Layanan Cerdas Ramah Disabilitas adalah hasil inovasi insan MRT Jakarta berdasarkan dorongan untuk menghadirkan akses setara bagi semua masyarakat terutama teman-teman penyandang disabilitas. Untuk saat ini, DINA telah tersedia di Stasiun Bundaran HI, Blok M BCA, dan Lebak Bulus Grab. Ke depannya, akan kami hadirkan di seluruh stasiun MRT Jakarta,” pungkas ia.
Selain peluncuran DINA, dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional, MRT Jakarta turut mengadakan sejumlah kegiatan bekerjasama dengan Yayasan Helping Hands berupa program edukasi bertajuk Inklusi Fest 2021; berupa webinar, talkshow, dan IG Live dan aktivasi booth di Stasiun Bundaran HI, serta kegiatan kolaborasi bersama ITDP yaitu FGD dengan tema ‘Menuju Transportasi Jakarta Ramah Disabilitas’ yang dilakukan secara virtual dan pemaparan hasil FGD secara langsung di Terowongan Kendal. MRT Jakarta juga mengadakan pameran aplikasi seluler penunjang disabilitas, serta pameran UMKM kriya dan makanan oleh komunitas disabilitas di Stasiun MRT Bundaran HI pada 3 – 4 Desember 2021.