Ayo Belanja Produk UMKM di Bazar Ramadan Stasiun Lebak Bulus Grab!
Sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT MRT Jakarta (Perseroda) berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil, dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta menggelar bazar Ramadan produk-produk UMKM. Bazar ini diikuti sekurang-kurangnya 42 peserta berbagai jenis usaha seperti makanan, minuman, dan kudapan. Kegiatan ini dimulai sejak Minggu, 1 Mei lalu dan direncanakan akan berakhir pada Senin, 10 Mei 2021 pada pukul 15.00—20.00 WIB setiap hari. Masyarakat yang ingin mengunjungi area bazar dapat datang ke Stasiun Lebak Bulus Grab, tepatnya di area beranda peron di sisi yang berdampingan dengan Depo Lebak Bulus.
“Kami menyadari dampak pandemi sangat terasa bagi pemilik UMKM. Oleh karena itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) berkomitmen untuk mendukung bangkitnya ekonomi UMKM dengan salah satunya menggelar kegiatan bazar ini, tentunya dengan kolaborasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ungkap Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi yang berkesempatan meninjau langsung lokasi bazar. “Selain menyediakan tempat di Stasiun Lebak Bulus Grab, kami juga memberikan fasilitas pendukung lainnya seperti akses listrik dan bebas biaya sewa tempat. Kami juga berharap kehadiran bazar ini akan mempermudah pengguna jasa MRT Jakarta saat membutuhkan hidangan yang bersih, higienis, dan harga terjangkau ketika tiba saat berbuka puasa dan masih berada di area Stasiun Lebak Bulus Grab,” lanjut Effendi.
Terkait pemilik UMKM, Effendi menyampaikan bahwa pengguna jasa MRT Jakarta memberikan tanggapan positif terhadap hadirnya gerai UMKM di stasiun. “Kami sangat berharap bisa terus mendukung dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memajukan unit usaha MKM ini,” jelas ia. “Saat ini, setidaknya ada tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Fatmawati, dan Dukuh Atas BNI, yang telah diisi oleh sekitar 16 gerai UMKM yang terdiri dari 20 jenama (brand) UMKM,” tutur ia. “Selama masa pandemi, seluruh UMKM tersebut mendapatkan sejumlah keringanan seperti pembebasan biaya sewa tempat, pelatihan daring, hingga promosi di setiap kanal komunitasi PT MRT Jakarta (Perseroda),” pungkas Effendi. Ke depannya, tambah Effendi, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan menyelenggarakan kegiatan serupa di Stasiun Bundaran HI dan ASEAN.
Penulis: Nasrullah.