Dukuh Atas: Poros Transit Internasional dan Kolaborasi Gerak
Dalam Peraturan Gubernur Nomor 107 Tahun 2020 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Dukuh Atas, kawasan yang berlokasi di Kecamatan Tanah Abang, Kecamatan Menteng, Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan Kecamatan Setiabudi, Kota Administrasi Jakarta selatan seluas sekitar 146 hektare dengan batas wilayah mencakup sisi utara Kelurahan Kebon Kacang dan Kelurahan Gondangdia, sisi barat hingga Kelurahan Karet Tengsin dan Kelurahan Kebon Melati, sisi timur hingga Kelurahan Menteng, dan sisi selatan hingga kelurahan Setiabudi dan Kelurahan Karet Tengsin.
Pengembangan kawasan hingga 700 meter dari Stasiun Dukuh Atas BCA ini akan menghasilkan area pengembangan campuran hingga 1 juta meter persegi. Tambahan luas pengembangan kawasan Dukuh Atas dengan ruang-ruang produktif yang akan memicu aktivitas ekonomi dan return of investment yang lebih besar melalui pengembangan fungsi campuran dari pada bangunan fungsi tunggal. Kawasan ini merupakan kawasan dengan akses transit terbanyak di Jakarta yang berarti lebih banyak akses sebanding dengan lebih banyak potensi pengembangan. Ke depannya, terdapat lima moda transportasi publik yang dapat dijangkau dalam jarak lima menit jalan kaki, yaitu MRT Jakarta, bus Transjakarta, kereta bandara, kereta commuterline, dan LRT Jabodebek. ,
Kawasan ramai oleh aktivitas dan geliat masyarakat ini nantinya akan menyediakan 10,6 kilometer revitalisasi dan trotoar baru sehingga memberikan rute aman, nyaman, dan mudah terakses ke seluruh area pengembangan kawasan TOD Dukuh Atas. Mendukung trotoar tersebut, akan ada 42.000 meter persegi ruang publik yang ternaungi yang akan mendorong orang untuk berjalan kaki dari dan menuju destinasi lokal maupun fasilitas transit. Naungan dan bayangan pohon juga berpotensi mengurangi efek urban heat island secara umum.
Salah satu kunci utama dalam memudahkan pergerakan pejalan kaki di Dukuh Atas ialah koneksi layang yang melintasi Sungai Ciliwung dan Jalan Sudirman menghubungkan stasiun transit satu dan lainnya secara langsung. Akan ada total 1,6 kilometer koneksi layang di kawasan ini.
Selain itu, pengembangan kawasan juga akan menyediakan hingga 10,3 hektare taman dan ruang terbuka dalam bentuk taman, plaza, dan ruang terbuka publik baru yang akan mengubah identitas Dukuh Atas dan memberikan ruang-ruang bagi komunitas untuk beraktivitas sosial.
Kawasan Dukuh Atas telah dikenal sebagai salah satu kawasan dengan aktivitas bisnis di Jakarta. Transformasi area parkir di Dukuh Atas memungkinkan terjadiya ruang-ruang baru yang aktif dan hidup bagi manusia. Sekitar 1,2 juta meter persegi luas bangunan untuk fungsi-fungsi pemicu aktivitas tersebut akan tersedia.
Salah satu pembangunan yang telah selesai dikerjakan ialah revitalisasi dan alih fungsi Terowongan Jalan Kendal yang semula sebagai akses kendaraan bermotor, kini telah menjadi akses pejalan kaki yang menghubungkan Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun Sudirman, dan Stasiun BNI City. Terowongan ini telah menjelma menjadi salah satu area tujuan wisata perkotaan dengan berbagai macam mural menarik di di dindingnya. Bahkan, area ini menjadi pusat kegiatan seni budaya seperti konser musik atau pameran.
Selain itu, telah selesainya pembangunan jembatan penyeberangan multiguna sepanjang sekitar 265 meter yang menghubungkan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas dan Stasiun KCI Sudirman juga menjadi pendukung kenyamanan transit. Dalam kurun waktu sekitar empat bulan sejak diresmikan pada Agustus 2023, tercatat sekitar 404.320 orang telah menggunakan jembatan ini. Selain sebagai infrastruktur penghubung, jembatan ini pun dilengkapi dengan beragam gerai makanan dan minuman sebagai penunjang kebutuhan mobilitas masyarakat urban.
Yang terbaru ialah bangunan transport hub yang berfungsi sebagai area transit hub sarana angkutan umum massal yang memiliki fungsi perkantoran, retail, pasar modern, serta shelter bus dan ojek daring. Sejak beroperasi pada akhir tahun 2023 lalu, aktivitas area retail mulai menarik masyarakat di sekitar Dukuh Atas, khusus pekerja kantoran. Area trotoar yang aman dan nyaman di sekitar gedung ini, yaitu Jalan Pati, Juwana, dan Kendal telah menjadi daya tarik untuk masyarakat datang dan beraktivitas di kawasan ini. Sejumlah kedai kopi dan restoran baru bermunculan.
Melalui pembangunan kawasan di sekitar stasiun yang mengutamakan kebutuhan dan kenyamanan pejalan kaki, PT MRT Jakarta (Perseroda) menghadirkan sebuah kawasan area perkotaan yang memadukan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik agar tercipta optimalisasi akses terhadap transportasi publik sehingga meningkatkan daya angkut penumpang.
Berita Lainnya
-
PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Penghargaan Industry Award 2024 Region Eropa, Timur Tengah, dan Afrika/Asia Pasifik/Amerika
19 September 2024 -
Per 25 Maret, Pembangunan Fase 2A CP 201 Capai 36,32 Persen
04 April 2022 -
Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran Mesin Bor Terowongan Fase 2A MRT Jakarta
24 February 2022