Skip to main content

PT MRT Jakarta (Perseroda) Gelar Pelatihan Pemasaran Media Sosial untuk UMKM

Image
UMKM
Pemateri Dhanu Riza (berdiri) menjawab pertanyaan dari salah satu peserta pelatihan. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda). 

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), PT MRT Jakarta (Perseroda) secara rutin menggelar pelatihan bagi UMKM yang membuka gerai di stasiun MRT Jakarta. Kali ini, pelatihan yang diberikan terkait pemasaran melalui media sosial. Setiap peserta belajar memahami cara menentukan target pasar, kanal-kanal media sosial yang akan digunakan, dan memformulasikan rencana konten. Pelatihan berlangsung di Gedung Transport Hub, Dukuh Atas, pada Kamis (27-6-2024) dan dihadiri oleh perwakilan 18 gerai UMKM yang ada di tiga stasiun MRT Jakarta. Pelatihan menghadirkan fasilitator dari Chief of Content Office Infia Media Dhanu Riza.

“MRT Jakarta sangat mendukung pengembangan setiap UMKM yang bermitra dengan kami. Sejauh ini, tidak kurang dari 18 jenama (brand) UMKM tersebar di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Fatmawati Indomaret, dan Dukuh Atas BNI,” ungkap Kepala Divisi Komersial dan Retail PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendy Primartantyo saat membuka pelatihan. “Tiga jenis produk barang yang disediakan oleh teman-teman UMKM ini, yaitu makanan dan minuman, fesyen, dan kriya,” lanjutnya. Hadirnya UMKM ini, tambah Rendy, akan menjadi pelengkap kebutuhan mobilitas pengguna jasa MRT Jakarta.

Pelatihan ini, sambung Rendy, merupakan bagian dari beberapa pelatihan yang disediakan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda). “Jadi, kami tidak hanya menyediakan lokasi penjualan bagi pelaku industri UMKM, namun juga pelatihan seperti bagaimana pengemasan yang menarik promosi daring media sosial, hingga menghadirkan UMKM ini di setiap acara offline MRT Jakarta seperti bazar atau pameran di stasiun dan area di sekitarnya, sehingga produknya semakin dikenal oleh masyarakat,” tutur Rendy.    

Image
umkm
Peserta menyimak paparan dari pemateri. Foto oleh PT MRT Jakarta (Perseroda).

Dalam pelatihan ini, setiap peserta belajar tentang pengetahuan serta konsep dasar mengenai pemasaran melalui sosial media (social media marketing), meningkatkan keterampilan implementasi strategi pemasaran, serta melatih pemecahan masalah melalui praktik langsung memasarkan produk. Salah satu peserta, pemilik UMKM Maldorf’s, Nicky Sutandi, menyambut baik adanya pelatihan ini. “Menurut saya pelatihan ini bagus dan senang bahwa UMKM diberi berbagai pelatihan sejak awal bergabung. Kami bisa menambah ilmu terkait optimalisasi sosial media. Kalau belajar sendiri dari materi-materi yang banyak di internet, bingung bertanya ke siapa.,” tuturnya.

Maldorf’s merupakan unit usaha yang menjual beragam cookies dan ultra soft cake ini baru bergabung Maret 2024 lalu. Nicky merasa membuka gerai di ekosistem MRT Jakarta sangat memberikan sinyal positif dan mempercepat pengenalan produknya ke masyarakat. Maldorf’s dapat ditemui di Stasiun Lebak Bulus Grab. Seluruh gerai UMKM di stasiun, buka mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.

Melalui pelatihan seperti ini, tidak saja setiap peserta dapat bertukar pikiran dan ide tentang pengembangan UMKMnya masing-masing, ajang ini juga dimanfaatkan sebagai silaturahmi dan memberi masukan kepada PT MRT Jakarta (Perseroda) terkait dukungan bagi UMKM pada masa depan.